Kamis, 28 Maret 2013

Mahabharata Fragmen I Luluhur Pandawa




Mahabharata Fragmen I Luluhur Pandawa
Pelukis : RA Kosasih
Penerbit : PT Melodi 1966
Tebal : 96 halaman
Harga : Rp 65.000,-

Inilah buku pertama dari serial Mahabharata yang telah dibuat komik oleh RA Kosasih dan diterbitkan oleh PT. Melodi Bandung pada tahun 1960 an.  Buku pertama ini mengisahkan perjalanan hidup tokoh-tokoh awal Mahabharata yaitu : Santanu.

Santanu seorang raja di negeri Hastinapura. Selain Sentanu adalagi tokoh lain yaitu Begawan Parasara (Palasara).  Kedua lelaki ini berhubungan cinta dengan seorang perempuan cantik jelita bernama Setyawati.

Keturunan Setyawati ada tiga yaitu Begawan Abyasa seorang yang buruk rupa, Raja Tjitragada dan Raja Tjitrasena. Abyasa mendapat rejeki nomplok yaitu mendapat warisan 2 janda  adiknya Tjitrasena yang meninggal dunia tanpa memiliki anak.

Dari Abyasa inilah yang akhirnya janda-janda Tjitrasena menghasilkan keturunan yaitu Pandudewanata dan Destarata.

Pandu mempunyai anak lima orang yang disebut Pandawa, Destarata mempunyai banyak anak yang disebut Kurawa. Perjalanan hidup Pandawa dan Kurawa ini amat menarik dan akhirnya dijadikan buku tebal bernama : Mahabarata.

Warisan nenek moyang Pandawa dan Kurawa, yaitu sebuah kerajaan besar yang megah bernama Hastinapura akhirnya menjadi rebutan. Berbagai tipu muslihat dilakukan oleh Kurawa untuk mengangkangi warisan tersebut tidak berhasil. Pandawa selalu luput dari marabahaya.

Perseteruan cucu Begawan Abyasa itu akhirnya berujung disepetak tanah lapang bernama Kurusetra. Ditepi sungai Gangga kedua pihak itu berperang bersama prajurit-prajurit masing-masing. Darah tumpah dan nyawa melayang. Satu persatu para ksatria gugur di medan laga.

Itulah yang disebut perang Bharatayuda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar